2017 – 2018

Post terakhir di 2017, ya soalnya tepat nulisnya di 31 Desember 2017. Karena banyak yang lagi liburan santai-santai mending ngobrol-ngobrolnya jangan yang terlalu serius, ya kita lay low aja dulu. Hehe.. Gimana, nih tahun 2017 untuk para catlover, doglover, dan animal lover?

Kalau dihitung-hitung, sudah hampir 2 tahun saya dan pasangan saya melakukan streetfeeding. Sudah sekitar 6 tahun sejak saya dipertemukan kembali dengan seekor kucing setelah sekian lama saya berhenti untuk jatuh hati pada hewan lagi. Dan sudah hampir 5 tahun usia Jelly boy. Time does fly, ya kalau liat ke belakang.

Tahun 2017 merupakan tahun yang menurut saya berjalan sangat cepat. Di tahun 2016, tahun pertama kami memulai streetfeeding, padahal kami keliling tiap malam tapi rasanya tidak secepat 2017. Tahun ini kami bertemu lebih banyak lagi kucing. Sebagian pergi, sebagian lagi memilih untuk tetap tinggal. Hampir semuanya kami tolong, walau setidaknya hanya memberi makan saja. Sudah lebih dari 150 ekor kucing yang bertemu dengan kami, 42 ekor sudah disteril, beberapa ekor kami bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan untuk sakit penyakitnya, dan 90 ekor di antaranya sudah kami beri nama (bahkan hashtag khusus di Instagram). Jumlah yang sudah kami steril memang masih jauh dibanding para penggiat TNR (tangkap-steril-lepas) di luaran sana. Oleh sebab itu, untuk 2018, saya dan pasangan tentunya memiliki motivasi untuk bisa steril lebih banyak kucing.

Dan mungkin di tahun 2018 kami tidak akan melakukan kegiatan streetfeeding setiap malam seperti sebelumnya. Salah satu alasannnya adalah supaya kami berdua bisa lebih fokus bekerja dan mencari uang lebih supaya kami bisa segera lebih mandiri, menikah, dan tentunya supaya pemasukan kami lebih stabil sehingga kami bisa mengatur keuangan untuk mengurus kucing-kucing yang kami adopsi maupun foster serta untuk TNR maupun streetfeeding. Akhir tahun ini kami sampai pada pemikiran bahwa bergantung dana pada donasi tidaklah bijak, apalagi karena kami tidak memiliki shelter dan bahkan bukan rescuer. Untuk tahun 2018, jbscat hanya akan buka donasi per kasus.. jadi akan dibuka dan akan ditutup..seperti itu rencananya. Bahkan sudah beberapa bulan jbscat menghapus alamat akun PayPal di profil Instagram untuk menghindari masuknya donasi-donasi yang tidak tepat sasaran (tidak sedang ada kasus yang diperlukan dana). Tidak seperti 2017 yang rekening dan PayPal kita selalu terbuka sehingga saya pun tidak bisa pantau berapa banyak yang masuk dari awal mula donasi pertama masuk. Makanya saya hanya bikin laporan pengeluaran di tahun 2017 ini. Walau uangnya ada di tempat terpisah, sehingga tidak akan terpakai oleh kita, tetap saja catatan pemasukannya sudah kacau. Jadi ya begitulah…huft.

Tidak melakukan streetfeeding setiap malam pun akhirnya diputuskan karena melihat sudah jauh lebih banyak kucing-kucing di area tempat tinggal saya maupun pasangan saya yang sudah disteril. Dengan disteril, mereka akan lebih bisa fokus untuk mencari makan untuk dirinya sendiri, lebih sehat sehingga orang-orang akan lebih mau memberi makan, serta tidak perlu khawatir akan ada banyak anak-anak kucing dengan ibunya yang masih menyusui di jalanan yang lapar. Dan setelah di beberapa bulan terakhir ini kami mencoba untuk streetfeeding 2 sampai 3 hari sekali saja, kami cek keadaan kucing-kucing tersebut dan mereka semua tetap gemuk, lincah, dan sehat..terutama untuk kucing-kucing yang sudah disteril. Bahkan sebagian besar mendapatkan beberapa halaman rumah manusia yang diijinkan untuk mereka jadikan tempat berteduh dan tidur setiap harinya. Serta ada juga beberapa rumah yang menyediakan makanan setiap hari untuk mereka. Hal ini membuat kami lega dan tenang untuk meninggalkan mereka.

Saya percaya kucing merupakan makhluk mandiri. Dan saya juga percaya manusia baik jumlahnya masih jauh lebih banyak daripada yang jahat. Hanya saja karena ketakutan dan ketidaktahuan akan informasi yang benar, hewan-hewan sering menjadi korban. Kenapa kami akhirnya mau lebih banyak fokus ke sterilisasi dan TNR saja di tahun 2018, itu karena kami percaya hidup kucing-kucing liar ini akan jadi sejahtera dengan sendirinya setelah disteril walau dikembalikan lagi ke jalanan. Kenapa? Karena ya itu tadi, setelah disteril, mereka jadi makin gemuk, lebih bersih, lebih lucu. Orang-orang yang melihat mereka jadi tidak jijik, tidak merasa kucing ini berpenyakit, dan bahkan akan berpikir ini kucing yang lucu atau peliharaan orang lain. Maka mereka akan sudi memberi makan atau sekedar menyediakan tempat untuk kucing ini tidur-tiduran saja.

 

Banyak kehilangan di tahun 2017 untuk saya dan pasangan. Bahkan dari awal tahun ini. Banyak hal terjadi, banyak yang datang dan pergi. Di akhir tahun ini rasanya saya sudah hampir mati rasa. Ori hilang saja saya sudah tidak sanggup rasanya menghadapi another emotional breakdown, makanya saya cari pelarian dengan fokus ke kucing-kucing lain. Tapi banyaknya kehilangan tersebut membuat saya semakin percaya bahwa sterilisasi itu satu-satunya solusi yang saya harus saya lakukan untuk kesejahteraan mereka. Dan kesedihan saya membuat saya menghargai lebih kucing-kucing saya adopsi.

Untuk selanjutnya di tahun 2018, saya mohon untuk para teman-teman dan pendukung jbscat untuk tetap percaya dan memberikan dukungan secara moral untuk saya. Dan tentunya bantu pantau dan jaga saya supaya saya tidak melenceng. Saya bersyukur untuk semua orang di 2017 yang turut menyayangi kucing-kucingnya jbscat, baik yang merupakan community cats ataupun yang tinggal di rumah. Kasih sayang kalian tersampaikan terus kepada mereka dan itu yang membuat kami tetap melakukan apa yang kami sudah mulai dan itu juga yang membuat kucing-kucing ini semakin membengkak gemuk dan bahagia.

Pesan terakhir di penutup 2017, tolong jangan lupa untuk selalu ikuti semua tentang jbscat mulai dari Instagram (@jbscat & @jbsandthecatgang), blog (jbscat.wordpress.com), serta YouTube (jbscat). Hehehe.. Selamat menyambut 2018, ya. Saya senang semakin ke sini makin banyak orang yang melakukan sesuatu untuk hewan-hewan, berani mengutarakan kecintaannya pada hewan, dan bahkan mau berkorban untuk masa depan hewan-hewan yang lebih baik. Saya berdoa semua yang melakukan kebaikan untuk sesama makhluk hidup diberikan kebahagiaan, rejeki, serta cinta kasih melimpah di kesehariannya selama 2018. Love. Your feeder lady.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s