Pure Vita Kibbles Review

Mohon maaf karena minggu lalu saya meliburkan diri dari posting di blog karena satu dan lain hal. Sekarang saya kembali lagi, saya harap bisa tetap dan semakin disiplin. Kalau ada yang merasa terbantu dan ingin saya terus berbagi di sini, mohon bantu saya dengan share soal blog ini di berbagai media sosial yang kalian punya. Bisa juga dengan menulis komentar atau share link dari post yang menurut kalian penting di berbagai group chat. It would help us in a many ways sooner or later.

Post kali ini belum lanjut bahas soal dunia rescue, ya.. Kali ini yang ringan-ringan aja mau cerita lagi soal pengalaman memberi makan kucing-kucing kita salah satu jenis pakan kucing. Kali ini mau bahas dry cat food dari Pure Vita. Biasanya yang kita bahas itu pakan kucing kering yang kelasnya bukan premium atau tergolongnya menengah ke bawah atau kurang bagus. Tapi setidaknya masih jauh lebih layak, sih dibanding diberikan nasi dan ikan kukus kalau menurut saya (nasinya sih yang jadi masalah). Nah, sekarang kita bahas yang kelasnya merupakan Natural Holistic Cat Food.

Pure Vita Pure and Natural Holistic Pet Foods

Natural Holistic Cat Food atau Holistic Cat Food itu merupakan kelas makanan kucing yang ada di atas super premium cat food. Yang membedakan apa? Saya juga bukan pakarnya memang tapi sejauh yang saya tahu kalau kelas holistic itu kandungannya lebih alami, jadi lebih aman dan lebih bagus untuk kesehatan hewan. Pure Vita kibbles masuk ke kelas holistic cat food ini.

Saya memberikan pakan kucing yang saya rasa terbaik (dan masih di batas kemampuan kita) untuk kucing-kucing adopsi (dan asuhan) yang kita jaga di rumah. Belum mampu membeli kelas super premium untuk streetfeeding makanya untuk kucing-kucing di luar ketika streetfeeding kita selalu menambahkan suplemen maupun vitamin di makanan mereka. Sedang untuk kucing-kucing di rumah pemberian vitamin maupun suplemen cukup seminggu sekali saja.

“Wah, mewah ya makanannya mahal..” Sebetulnya gak juga, sih jatuhnya. Satu sak besar Pure Vita yang kita beli, biasanya yang ayam (Chicken & Peas Entrée Grain Free – yang paling murah), seberat 6,8 kg (15 lbs) harganya sekitar Rp 450.000,- di pet store langganan terdekat di Bandung. Kelihatannya sedikit, ya mengingat kucing yang kita perlu kasih makan ini sejumlah kurang lebih bisa sampai 15 ekor setiap harinya. Tapi ternyata bisa awet hingga 14-20 hari. Kenapa? Karena semakin bagus dan bergizi pakan kucing, semakin sedikit juga porsi yang diperlukan untuk kucing makan karena lebih mengenyangkan dan gizinya lebih cepat tercukupi. Hewan makan bukan untuk nafsu dan keserakahan, tapi untuk kenyang dan untuk hidup. Jadi ketika badan mereka kenyang dan gizi tubuh tercukupi, mereka akan berhenti sendiri. Jadi dijumlah untuk pakan dalam sebulan

Maka dalam satu bulan biaya untuk makan kucing kelas holistic bisa dibilang tidak sampai Rp 1.000.000,- bahkan untuk memberi makan 15 ekor kucing. Kalau 1 ekor atau 2 ekor ya pasti jauh lebih murah. Mungkin 1 bungkus besar itu bisa untuk 2 sampai 3 bulan malah. Jadi muncul pertanyaan iseng, ya.. kalau yang kasih makan ikan kukus dan cat food kelas kurang baik tapi pengeluaran pakannya bisa jutaan dalam seminggu itu kenapa, ya? *bener nanya* Kalau kucingnya jumlahnya sudah di atas selusin ekor sih maaf ya saya sih biasa langsung hoarder alert-nya udah nyala alarmnya. Terus..untuk para pelaku jubel kucing, nih atau yang suka bilang open adopt tapi minta ganti uang makan sampe jutaan padahal kucingnya baru usia 3 bulan…itu dikasih makan apa, ya? Emas apa berlian gitu? *mikir…*

Lanjut ah bahas Pure Vita-nya ya sekarang.

Pure Vita kibble ini ada 3 macam rasa: Grain Free Chicken & Peas Entrée (paling murah), Grain Free Salmon & Peas Entrée (lebih mahal), dan Grain Free Duck & Red Lentils Entrée (paling mahal). Kita udah pernah coba kasih tiga-tiganya, untungnya walau memang yang bebek itu yang paling bagus kandungannya, tapi kucing-kucing kita sepertinya memahami kondisi ekonomi kita (brb terharu dulu). Mungkin mereka gak mau liat kita yang setiap hari bajunya semakin lusuh (hahaha) jadi mereka paling doyan yang ayam, a.k.a. yang paling murah. Yang lain kurang laku (sujud sembah puji syukur).

Ukuran jual resminya ada dalam 3 ukuran juga: 2.2 lbs (1 kg), 6.6 lbs (3 kg), dan 15 lbs (6,8 kg). Untuk percobaan ada baiknya beli yang ukuran kecil dulu. Tapi kalau nekat atau kucing-kucingnya pemakan segala seperti Jelly, tidak masalah sih beli langsung ukuran besar. Di beberapa pet store atau mungkin di beberapa toko online ada yang jual eceran lebih kecil seperti 300 gram atau 500 gram pak. Itu juga bisa dibeli untuk test food atau campuran pakan mereka (kalau belum sanggup kasih full holistic atau full supreme food). Tapi perlu diingat ya harus hitung-hitung soalnya biasanya beli ukuran kecil-kecil jatuhnya jauh lebih mahal dibanding beli langsung ukurang besar.

Pengalamannya gimana?

Ini bukan pakan grain free pertama dan satu-satunya yang kita pernah kasih dan coba. Tapi untuk segi harga dan kelas, menurut kita sejauh ini Pure Vita yang ayam itu masuk akal dan kualitas lebih tinggi dari supreme. Yang saya suka adalah selain kandungan daging, Pure Vita (di semua jenis rasa) mengandung macam-macam sayur dan buah juga. Jadi gizinya memang dipilih untuk melengkapi. Jadi ada serat juga pasti dan biasanya karena holistic (lebih alami), langsung membantu untuk mengeluarkan hairball juga. Gak perlu lagi kita beli pakan kucing yang khusus hairball. Dan Pure Vita ada kandungan yucca extract juga yang biasanya dicari orang untuk mengurangi bau di BAB dan kencingnya. Untuk bungkusnya, ketika dibuka dia ada perekat jenis Velcro yang bisa ditutup lagi jadi mempermudah penyimpanan bisa tetap di dalam kantung gak perlu dipindah ke tempat tertutup lain yang besar.

Pure Vita Grain Free Chicken & Peas Entrée
Pure Vita Grain Free Chicken & Peas Entrée

Pure Vita Grain Free Chicken & Peas Entrée: Favorit anak-anak yang rasa ayam. Bentuk kibble-nya segitiga ukuran sedang. Anak kucing usia 3 bulan sudah bisa makan harusnya, kok. Untuk kandungan, feeding guidelines, nutrisi dan informasi produk langsung klik di sini saja buat baca.

Grain Free Salmon & Peas Entrée
Grain Free Salmon & Peas Entrée

 

Grain Free Salmon & Peas Entrée: Untuk yang salmon entah kenapa pada gak doyan. Beli ukuran besar (6,8 kg) yang biasanya dua mingguan habis ini bisa sampai 1 bulan. Gak laku dan gak doyan sampe pada minta-minta makanan lain. Lebih pilih makanan kelas Profelin mereka daripada Pure Vita yang salmon ini. Keterangan produk boleh langsung klik saja di sini. Dan kebetulan saya kurang fans juga dari daging tuna maupun salmon karena setahu saya sekarang sebutan untuk kedua ikan tersebut sudah merupakan ikan monster atau ikan alien karena sudah dimodifikasi gennya seperti sayur mayur serta buah GMO supaya bisa jadi mass product. Mungkin kucing-kucing menolak juga karena itu, ya..tapi entahlah pokoknya saya bersyukur juga sih anak-anak di sini kurang suka. Selain karena harganya yang agak lebih mahal (15 lbs sekitar Rp 550.000,-) serta ya itu tadi.

Grain Free Duck & Red Lentils Entrée
Grain Free Duck & Red Lentils Entrée

Grain Free Duck & Red Lentils Entrée: Ini yang paling mahal. Satu kantung besar (6,8 kg/15 lbs) harganya hampir Rp 800.000,- *nangis ke pojokan*. Karena anak-anak di sini kurang suka bebek, untuk percobaan kita beli yang ketengan dulu yang 300 gram. Ketengan pertama pada lahap karena memang kalau daging bebek lebih bau, ya. Coba beli lagi bungkus kecil kedua, dan langsung pada ogah. Syukur…. Gak kebayang sih kalau pada suka ini mau beli pakai apa. Mahal. Huhuhu.. Tapi setahu saya yang bebek ini kandungannya paling oke paling super jadi kalau ada yang mampu dan penasaran boleh deh dicoba. Untuk lihat keterangan produk sisa klik di sini saja, ya.

Kalau kasih pakannya yang lebih bagus, memang terlihat langsung di kucingnya juga. Kucing-kucing adopsi saya yang biasa kalian lihat di @jbsandthecatgang itu badannya semok nan bohay bukan karena makannya banyak. Kalau serumah sama mereka yang sering minta makan paling Jelly, Kitty sama KK (harap maklum turunan vaccum cleaner), yang lain sih santai-santai aja kalau gak lagi jam makan. Tapi selalu ada aja yang tanya,”Kak, kok kucing-kucingnya gemuk banget, ya?” (ya gak  banget sih ya malu ah dibilang gemuk banget kan belum obesitas-kecuali Jelly.. cuma memang besar, sih mereka) sebetulnya kuncinya ada 3: steril kucingnya, kasih pakan yang terbaik yang gizinya memenuhi, dan jaga supaya kebutuhan ruang mereka tercukupi (semakin sempit dan padat ruang gerak mereka, mereka akan menjaga badan mereka untuk tidak terlalu besar supaya tidak panas maupun sulit gerak).

Memberi makanan yang lebih baik juga membuat bulu mereka jauh lebih halus, lebih padat, lebih bersih, lebih berkilau dan lebih sehat. Masalah rontok sih wajar ya rambut manusia aja kalau 100 helai per hari jatuh itu wajar, apalagi mereka yang badannya sebulu-bulu dan bulunya sebadan-badan. Selama tidak ada bagian yang botak dan bulu masih padat, tidak masalah. Badan juga lebih berotot, bentuknya lebih bagus, dan yang penting BAB mereka sempurna. Ini yang penting, sih. BAB yang sehat menandakan usus yang sehat. Usus sehat menjadikan kesehatan mereka secara keseluruhan lebih terjaga juga. Yang perlu dipastikan hanyalah mereka cukup minum karena memberi pakan kering berarti mereka harus cukup minum supaya pipis lancar dan ginjal tetap sehat.

Saya sudah kasih makanan ini selama beberapa bulan lamanya. Sejauh ini tidak ada kekecewaan dari produk ini, terutama untuk yang ayam. Kemungkinan akan terus berlangganan sampai kucingnya bosan atau sampai kita yang bosan. Hehe..

Dulu awal-awal saya pelihara kucing pernah juga kok kasih nasi-pindang (sebelum tau bahaya dan resiko pemberian nasi untuk kucing) dan pakan kucing murah. Pada akhirnya pengeluaran akan jadi sama, malah lebih repot kalau memberi yang murah karena kita ujung-ujungnya harus bulak balik urus ini itu..biasanya karena mengurus bulunya lah seperti grooming atau beli shampoo atau vitamin bulu, dsb (karena pemberian pakan kurang baik akan membuat bulu kurang sehat, tidak halus, serta kurang mengkilap) atau karena harus terus menerus ke dokter hewan (sakit ginjal, berat badan tidak naik, sering sakit, dsb). Saya tidak menyarankan harus beli merk ini, tapi saya hanya mau mengingatkan kita untuk memprioritaskan apa yang sudah menjadi tanggung jawab kita, yaitu anak-anak bulu yang sudah kita adopsi..yang kita sudah komitmen ketika membawa mereka ke rumah bahwa kita akan menjadi yang terbaik untuk mereka dan berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s