Profelin Kibbles Review

Udah pernah cerita pengalaman kasih pakan kucing Felibite dan Princess, sekarang cerita lagi ah ya tentang pengalaman kasih pakan kucing merk Profelin. Profelin ini beda ya sama Profeline. Kalau Profeline itu merk asal Jerman, kalau Profelin (yang akan kita bahas) ini.. hmm.. dari mana, ya? Indonesia atau Thailand ya? Distributornya di Indonesia itu PT. Acis Ekamula Sucakti, sama dengan distributor makanan kucing merk Acis. Tapi untuk produsen dan asalnya dari mana saya gak menemukan di internet dan saya lupa dari pet shop bilangnya asal mana, ya.. hahaha.

Kenapa negara produsen atau perusahaan produsen makanan kucing itu perlu? Supaya kita bisa cek kualitas makanan kucing tersebut. Selain dilihat dari kandungan, makanan kucing atau makanan hewan bisa dinilai terlebih dahulu dari negara dan perusahaan tempat makanan tersebut diproduksi. Semakin bagus animal welfare di suatu negara, bisa dipastikan produk-produk untuk hewan yang dihasilkan oleh negara tersebut akan bagus juga. Karena biasanya kalau peraturan untuk menjaga kesejahteraan hewan sudah ditegakkan, pasti ya tidak boleh juga ada perusahaan yang memproduksi makanan konsumsi hewan yang mengandung kandungan yang bisa bikin mereka sakit. Ya β€˜kan?

Jadi kalau boleh jujur, sih..sebetulnya makanan kucing seperti Felibite dan Profelin ini (termasuk Whiskas dan Frieskies yang banyak di supermarket Indonesia, karena yang masuk Indonesia itu diproduksi di Thailand) sebetulnya kurang bagus. Gizinya tidak memenuhi. Cenderung membuat mencret. Bisa membuat sakit perut. Dan dalam jangka panjang tidak terlalu bagus efeknya. Nah, tapi kenapa dong saya tetep kasih review dan seperti menyarankan pemberian merk-merk ini? Karena pertama, saya tahu tidak semua orang mampu beri makan kucingnya yang kelas super premium atau holistic. Kedua, daripada diberi nasi secara rutin serta makanan sisa yang tinggi garam dan jauh lebih beresiko untuk kucing, masih lebih baik diberikan dry food kelas rendah seperti ini. Saya pun belum mampu menyediakan makanan kucing kelas super premium atau holistic untuk kucing-kucing liar ketika streetfeeding setiap harinya (walau kepingin banget). Cuma ya bagaimana daripada mereka kelaparan karena puluhan yang diberi makan, keuangan belum menyanggupi dan di sisi lain saya lebih mengutamakan steril mereka dulu…jadi ya saya baru sanggup memberikan makanan kucing seperti ini dibarengi dengan berbagai suplemen, vitamin dan tambahan nutrisi lain supaya kucing-kucing ini tetap sehat.

Kita pernah kasih Profelin ini waktu streetfeeding sepertinya sampai langganan 4 atau 5 sak (20 kg). Kucing-kucing doyan dan untungnya tidak bosan. Kalau melihat dari nafsu makan dan ketertarikan kucing sih, Profelin ini lebih disukai daripada Felibite. Ada dua macam rasa dari Profelin: Salmon dan Tuna. Kandungannya ada di foto yang tersedia di bawah ini, ya.

Profelin Cat Food Kibbles Tuna Flavor Ingredients
Profelin Cat Food Kibbles Tuna Flavor Ingredients

Dalam penulisan ingredients atau kandungan makanan kucing, tiga kandungan pertama yang ditulis adalah yang kandungannya paling banyak. Bisa dilihat bahwa sebetulnya tiga kandungan pertama dari makanan kucing ini kurang oke, ya..hahaha. Kucing kan karnivora. Harusnya makan daging. Tapi ya kembali lagi ke yang tadi, daripada makan nasi atau harus korek-korek sampah atau minta-minta sampai ditendang orang, saya fokus untuk mengenyangkan perut mereka dahulu sambil berusaha cari rejeki lebih kali-kali suatu hari nanti saya bisa memberikan makanan kelas super premium untuk mereka. Amin…

Profelin Cat Food Kibbles Tuna Flavor Nilai Gizi
Profelin Cat Food Kibbles Tuna Flavor Nilai Gizi

Kita beli di pet store langganan itu seharga Rp 430.000,- satu saknya (20 kg). Ada dijual ukuran lebih kecil juga..8 kg kalau gak salah. Dan banyak yang jual ukuran repaknya seperti 1 kg atau 600 gram. Bisa cari di berbagai e-commerce maupun berbagai pet store.

Untuk bentuk kibble-nya masing-masing rasa beda bentuk dan bisa dilihat di foto sebelumnya di atas. Ukurannya untuk yang rasa tuna donatnya tidak sepipih Felibite donat tapi tidak segendut Universal. Pas di tengah-tengahnya lah.. Untuk yang rasa salmon ukuran bunga lebih kecil, jadi anak kucing bisa makan selama giginya sudah tumbuh.

Apa saya akan beli lagi? Ya, kalau lagi ada potongan harga apalagi. Soalnya walau saya tidak bisa memperhatikan kondisi pupup kucing-kucing ketika diberi makan ini (karena kucing liar), tapi kondisi bulu mereka baik-baik saja dan yang penting mereka suka dan gak gampang bosan. Tapi Ayah saya sedang memberikan Profelin rasa Tuna untuk kucing-kucing liar di sekitar kantornya. Ia membeli yang ukuran 8 kg (kalau tidak salah harganya di pet store langganan kita sekitar Rp 180.000,-..tapi lupa deng ya kalau gak salah sih segitu, ya hahaha). Saya tanyakan apakah kucing-kucing di sana suka, katanya ya dan saya tanya apa ada yang seperti sakit atau bulunya jadi rontok katanya tidak. Kurang lebih jadi sama ya hasilnya. Untuk pupup, kebetulan Ayah saya tidak bisa cek karena beberapa orang di sana suka memberikan kucing-kucing liar ini makan nasi juga. Jadi memang Ayah saya dalam setengah tahun terakhir ini memutuskan untuk memberikan dry food supaya kucing-kucing ini lebih cepat kenyang jadi gak makan nasi sembarangan. Semoga mereka lebih sehat, ya..apalagi 4 ekor di sana sudah disteril. Hehehe..

Profelin Cat Food Kibbles Salmon Flavor
Profelin Cat Food Kibbles Salmon Flavor
Profelin Cat Food Kibbles Tuna Flavor
Profelin Cat Food Kibbles Tuna Flavor

Sekarang, sih kita sedang kasih Minino untuk streetfeeding (nanti akan ditulis review-nya juga, ya..) tapi kalau sampai udah pada bosan dengan Minino atau kalau kehabisan sepertinya kita akan kembali ke Profelin lagi.

Semoga membantu, ya!

Advertisements

One Comment Add yours

  1. Nada says:

    Review Minino dong kak. Terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s