Karbol Sereh

Untuk yang sudah lama follow @jbscat di Instagram mungkin pernah baca ya kalau saya pernah sebut soal karbol sereh beberapa kali baik di post atau komen. Sudah cukup lama saya pakai karbol sereh untuk berbagai keperluan rumah tangga. Semuanya berawal dari punya kucing. Dulu kalau ngepel atau pakai pengharum ruangan ya beli aja yang banyak di supermarket atau mini market ‘kan. Setelah punya kucing, saya mulai prihatin mikir kalau ngepel pakai obat pel, apalagi kalau kadang lagi pakai pemutih buat ekstra bunuh kuman dan bakteri, gimana ya ini kucing jalan-jalan. Kalau keinjek terus dijilat kan bahaya ya kimia gitu. Kita aja kalau kehirup beracun ‘kan, sedang mereka jauh lebih pendek dari kita jadi jarak hidung mereka ke lantai lebih deket. Mulai galau… Terus belum kalau ada yang spraying, atau pipis salah sasaran jadi keluar litter box malah jadi ke lantai, atau yang udah pupup terus di korek-korek semangat sampe ngacleng itu “cokelat” ke lantai. Dulu bersihinnya pakai pemutih karena buat ilangin bau sekalian bunuh kuman bakteri itu, ya. Cuma ya itu galau lagi karena itu beracun ‘kan.. Buat orang aja beracun, apalagi buat mereka. L

Untungnya saya masuk ke komunitas yang isinya orang-orang yang hidupnya lebih suka hal-hal yang alami. Dapatlah informasi soal karbol sereh dari sana. Dan ternyata oh ternyata di supermarket langganan kita jual, dong.

Karbol Sereh WB Premium
Karbol Sereh WB Premium

Ini karbol sereh yang saya biasa pakai. Merk WB Premium. Ada yang tulisannya “Premium” aja, ada yang tulisannya “WB Premium” saya gak tahu bedanya apa. Ini bukan artikel atau post berbayar. Ini cuma sharing, ya..  Gak ada maksud promo apa-apa. Saya kasih tau merk supaya gak ada yang nanya lagi. Manfaat karbol sereh harusnya sama kok untuk semua merk dan produk selama isinya bener-bener karbol sereh beneran.

Karbol Sereh WB Premium
Manfaat Karbol Sereh

Apa saja manfaat karbol sereh?

  1. Kandungan alami: 100% konsentrat dari sereh, jadi lebih gak beracun dan jauh lebih aman buat anak-anak dan hewan
  2. Bantu usir lalat, nyamuk, kecoak, rayap, hama dan serangga lain di rumah: di-claim bahwa serangga tidak menyukai bebauan dari sereh ini jadi mereka menghindar atau menjauh (termasuk tikus)
  3. Ramah lingkungan: karena alami jadi lebih tidak mencemari air dan bahkan tidak membuat tanaman mati kalau tidak sengajar terkena tanaman
  4. Wangi: Bantu menghilangkan bebauan tidak sedap seperti bau toilet, kandang hewan, tempat sampah, dsb
  5. Multifungsi: bisa untuk membersihkan lantai, toilet, washtafel, meja, dan kaca
  6. Anti-bakteri dan anti-kuman alami

 

Oke juga, ya? Hahaha.

Dari pengalaman saya, kucing-kucing gak masalah sama bau sereh ini. Jadi pas ngepel sih biasa aja mereka gak terlihat terganggu atau gimana. Wanginya pun enak. Saya sih suka ya bau sereh begini. Kenceng juga wanginya kok. Kalau gak suka bau sereh, setahu saya ada juga yang jual karbol sereh yang dikasih pewangi juga seperti wangi lavender atau lemon dan sebagainya. Kalau saya sih pilih yang original saja supaya paling alami. J Bantu usir serangga? Bener sih. Tapi kalau sesudah di pel aja.. Begitu baunya ilang sih ya dating-dateng juga kecoak sama nyamuk. Tapi karena di rumah ada kucing ya kecoaknya jadi mainan kucing ujung-ujungnya, ya.. Hehe. Kalau lalat memang udah gak pernah nemu tuh di rumah setelah sering pel pakai ini. Semut dan rayap masih ada karena nempel di tembok dan kayu ya. Tapi untuk kutu kucing, walau lagi musim kutu dan jamur kucing di rumah (karena lupa kasih obat kutu rutin), di rumah gak pada ketularan kutu dan jamurnya..mungkin, ini mah mungkin sih ya, karena di rumah pakai karbol sereh.

Saya biasa bersihin kandang atau pet carrier pakai karbol sereh ini aja sekarang. Caranya gampang, bilas dulu kandang atau carrier-nya dengan air sambil disikat. Kemudian rendam pakai air yang dikasih karbol sereh. Bagian yang gak bisa direndam disemprot pakai sprayer aja yang sudah diisi karbol sereh yang sudah dicampur air. Tunggu beberapa menit, bilas lagi pakai air. Jemur di bawah matahari terik. Selesai. Bau-bauan biasanya hilang dan udah netral lagi di hidung kucingnya jadi mereka juga gak akan bete karena ada bau pesing atau bau kucing lain. Cara yang sama saya gunakan untuk mencuci litter box kucing-kucing. Kalau dirasa kurang bersih, pengen ekstra mati kuman, saya tambahkan di air rendamannya dengan Dettol atau H2O2 3%.

 

Sekarang gimana kalau ada yang uuk atau pipis sembarangan atau spraying?

Biasanya kejadian yang sama di lokasi yang sama akan berulang kalau bau bekasnya tidak segera dihilangkan atau dinetralkan karena kucing akan berpikir di sanalah toiletnya atau di sana diperbolehkan untuk buang hajat. Biasanya saya bersihkan dulu pipis atau uuknya dari TKP. Kemudian kalau bisa disiram air panas disiram air panas, tapi kalau tidak bisa disiram air biasa saja sedikit kemudian di lap (lapnya langsung buang atau cuci bersih sih sih). Lalu dituangkan karbol sereh di atasnya atau disemprot pakai sprayer yang sudah diisi karbol sereh campur air tadi. Didiamkan beberapa menit, kemudian pel dengan air pel yang diisi karbol sereh juga. Biasanya mereka tobat. Kalau mau lebih ampuh bisa semprot juga TKP dengan penghilang bau hewan (suka ada di pet shop). Tapi biasanya pakai karbol sereh juga cukup.

 

Untuk yang halamannya suka dipakai pipis atau pup hewan juga bisa. Misal terganggu, nih dengan bebauan dan tanaman kesayangan jadi layu, jangan sakiti hewannya. Jangan marah. Itu hal yang wajar karena kita kan berbagi tempat hidup sama mereka. Solusinya bisa pakai karbol sereh juga. Disemprot aja sering-sering ke halaman, terutama di area suka ada pup tersebut. Pupnya ditutup di bawah tanah, bagian permukaannya kemudian disemprot dengan karbol sereh. Lakukan setiap hari selama dua kali. Soalnya kalau kena hujan pasti hilang bau serehnya. Jangan takut tanaman jadi layu atau tanahnya rusak. Karena bahan alami jadi gak akan kenapa-kenapa. Saya suka spray di halaman saya karena beberapa kucing saya daripada di litter box lebih doyan kalau BAB di depan kaca jendela kamar saya di halaman. Jadi suka saya semprot di sana. Tanamannya sampai hari ini sehat-sehat saja. Rempongnya ya harus bulak balik semprot aja, sih..Hehe.

Ini saya kaya promo banget, ya. Tapi saya agak semangat cerita soal ini karena saya pikir ini bagus. Lebih alami, ramah lingkungan dan aman. Saya agak enggan pakai pemutih soalnya kebanyakan pemutih juga ‘kan di tes ke hewan ya dan biasanya hewan yang digunakan jadi percobaannya anjing (terutama jenis Beagle) dan kucing. L Rasanya kok saya bantu hewan di sini pakai produk yang nyiksa mereka ‘kan seperti bingung gitu ya gimana..

Karbol Sereh Super Mom
Karbol Sereh Super Mom (ukuran 1,5 L-kiri & ukuran 5L-kanan)

Untuk harga biasa di pasaran dijual ukuran 1,5 liter dengan harga sekitar Rp 35.000,- dan 5 liter dengan harga sekitar Rp 100.000,-. Harganya itu kurang lebih, ya. Bisa dicari di online biasanya lebih banyak yang jual dibanding di supermarket. Semoga membantu, ya post kali ini!

Leave a Reply

