Vitamin B Complex IPI untuk Kucing

This time I will share about one of the vitamin that I always give to the cats on a regular basis for maintain their health. I got this from one of our regular vet, and it’s only a vitamin B complex. I used to think that vitamins and supplements for cats are expensive, but thankfully when I asked the vet about what vitamin can I give to the cats to maintain their health and which one is the cheapest. She answered it with, ”A regular vitamin B complex can do the job.” And ever since then, I always give vitamin B complex not only for our adopted and fostered cats, but also for the colony of community cats that we feed. I will write the detail of this vitamin in Indonesia since we will share the specific vitamin which can be bought in Indonesian market.

 

Kali ini sharing soal vitamin, yuk.

Biasanya kasih vitamin apa nih ke kucing-kucingnya? Awal-awal pelihara kucing saya gak pernah kasih vitamin karena gak paham. Dan dulu saya pikir vitamin kucing itu harus khusus ya seperti Nutri Gel Plus bgitu. Dulu dengan kantong mahasiswa harganya terasa mahal, ya.. Sampai akhirnya saya punya Kitto yang sakit-sakitan (buat yang mau baca cerita soal Kitto boleh klik saja di sini) barulah saya berpikir sepertinya dia harus diberikan booster untuk jaga kesehatannya seperti vitamin atau suplemen. Berangkat dari sana saya akhirnya menemukan VCO. Tapi ternyata walau cukup untuk kucing-kucing yang lain, buat Kitto masih kurang. Akhirnya ketika Kitto harus diuap di dokter hewan karena pileknya, saya bertanya sama dokter apakah vitamin yang tidak mahal tapi bagus yang bisa diberikan ke kucing secara rutin. Dan dokter hewan menjawab dengan,”ah, vitamin B complex biasa juga udah cukup, kok.” Lah, ternyata gak susah, ya..

Vitamin B Complex IPI
Vitamin B Complex IPI

Saya pun di perjalanan pulang mampir apotek dan membeli vitamin B complex merk IPI. Banyak di mana-mana dan harganya murah banget. Isi 50 tablet sekitar Rp 5.000,- saja. Harga aslinya dari produsen malah harusnya hanya kurang dari Rp 4.000,-. Huu… *nangis duit* Murah bingits bingo!

Dokter hewan bilang boleh dikasih sehari setablet per kucing. Saya langsung cobain. Ternyata oh ternyata..mereka jadi terlalu sehat! Makannya jadi berlebihan dan terlalu heboh main. Segala yang berlebihan tidak bagus, ya.. Jadi saran saya berikan sehari setablet untuk yang memang berkebutuhan khusus, sedang tidak enak badan, atau memang sedang sakit. Sisanya sekarang kalau sedang sehat-sehat saya berikan rutin seminggu sekali, tiap kucing satu tablet.

 

Gak mahal dan gak ribet. Solusi yang oke menurut saya untuk yang suka streetfeeding atau punya koloni untuk diberi makan atau yang suka rescue kucing. Supaya kesehatan kucing-kucing tetap terjaga baiknya diberikan vitamin secara rutin. Soalnya kalau sakit biaya dokter hewan pasti lebih mahal ‘kan..

Bagaimana cara kasihnya? Bisa dibejek kemudian serbuknya campur dengan makanan basah kesukaan kucing. Bisa diulek kemudian dicairkan dengan air (bisa juga dicampur lagi dengan VCO dan madu atau kaldu ayam—biasa ini saya lakukan untuk yang sedang sakit supaya lebih banyak asupan suplemennya), kemudian dengan suntikan tanpa jarum dijejel paksa ke mulut kucing. Bisa juga seperti dokter hewan, tabletnya langsung didorong ke mulut kucing. Saya lakukan ketiga cara tersebut tergantung sifat dan keadaan kucingnya. Yang pasti seminggu sekali baik untuk kucing-kucing di rumah maupun kucing-kucing liar yang diberi makan, pasti rutin saya beri vitamin. Hasilnya memang jauh lebih jarang harus ke dokter hewan karena daya tahan tubuh mereka lebih bagus.

Selamat mencoba dan semoga post kali ini membantu, ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s